Inilah Perbedaan Hijab, Niqab, Khimar, Chador dan Burka

Dondom Merch – Apakah anda tahu jika jenis kerudung ternyata bukan hanya hijab saja ?. Seorang perempuan muslimah tentu sudah paham dengan jenis jenis kerudung yang Dondom Maksud. Akan tetapi mungkin anda belum memahaminya, betul tidak ? Perlu anda ketahui bahwa kerudung/penutup kepala wanita muslimah itu ada 5 jenis. Di antaranya adalah Hijab, Niqab, Khimar, Chador dan Burka. Tentu ada perbedaanya, dan inilah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini, Perbedaan Hijab, Niqab, Khimar, Chador dan Burka.

Saat ini, kerudung wanita muslimah yang sedang trend adalah jenis hijab dan niqab. Sementara untuk jenis burka sepertinya masih tidak terlalu banyak pemakainya. Hijab umum di gunakan oleh wanita muslimah yang ingin terlihat menawan, cantik dan muslimah tentunya. Dan saat ini, hijab yang semula hanya di gunakan sebagai syarat tampil syar’i, kini telah menjadi trend fashion item wajib yang harus di miliki oleh wanita muslimah. Baik itu untuk menghadiri acara pesta maupun untuk kegiatan sehari hari.

Ada banyak sekali jenis dan bentuk serta desain hijab yang kini beredar di pasaran. Permainan kombinasi warna dan motif menjadi andalan sebuah brand hijab. Harganya pun terbilang relatif murah, jika anda melihat harga hijab di mall atau online store, paling murah bisa hanya sebesar Rp 20 ribuan.

Baca Juga : Trend Pakaian Wanita Gamis Untuk Lebaran 2018

Sebelumnya, Dondom mau bertanya, Kerudung jenis apa yang anda paling sukai ? Hijab, Niqab, Khimar, chador atau Burka ? Masih bingung ya ? Mari kita simak penjelasan di bawah ini tentang apa Perbedaan 5 jenis kerudung wanita muslimah seperti Hijab, Niqab, Khimar, Chador dan Burka tersebut.

Perbedaan Hijab, Niqab, Khimar, Chador dan Burka

Style Hijab

Style hijab ada banyak jenis dan ragamnya, hampir di setiap negara memiliki ciri khas masing masing untuk style hijabnya. Seperti misalnya Hijab Arab atau arabic hijab style dan Turkish hijab style. Meskipun keduanya sama sama dari negara arab namun untuk style hijab mereka memiliki ciri khas masing masing. Berikut ini adalah sedikit perbedaan dari arabic hijab style dan Turkish hijab style.

Arabic Hijab Style

Hijab Arab

Turkish Hijab Style

Hijab Turkish

Terlihat bedanya bukan ? jika hijab arab cenderung di gulung gulung di bagian atasnya sedangkan hijab turkish terlihat lebih jatuh kainnya.

Kembali ke perbedaan hijab, niqab, khimar, chador dan Burka, Apa yang membedakan dari kelima jenis kerudung wanita muslimah tersebut, mari kita simak penjelasanya di bawah ini.

Apa itu Hijab, Niqab, Khimar, Chador dan Burka ?

1. Hijab

Hijab adalah sebuah sebutan untuk salah satu jenis kerudung wanita muslimah. Sudah bukan rahasia lagi jika Hijab kini tengah menjadi trend dari jutaan item fashion pakaian wanita. Jadi untuk anda juga harus mengetahui apa itu Hijab ?

Hijab dalam bahasa arab di artikan sebagai “Penghalang” sedangkan untuk tata cara hukum islam hijab di artikan sebagai “Tata cara berpakaian yang pantas dan menutup aurat sesuai syariat.

Arabic Hijab Style Simple

Biasanya orang menyebut Hijab adalah jilbab, bukan begitu ? Salah, Jilbab dan hijab berbeda arti. Seperti yang di jelaskan di atas, hijab memiliki arti “penghalang atau penutup” dan penutup atau penghalang tersebut bisa saja berasal dari syal, tirai pembatas, kelambu dan papan pembatas.

Nah kalau Jilbab artinya ada sendiri,

Jilbab adalah gamis longgar yang dijulurkan ke seluruh badan hingga mendekati tanah sehingga tidak membentuk lekuk tubuh seperti tertuang dalam perintah Allah dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 59: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”. Jilbab juga biasanya menutupi seluruh tubuh kecuali tangan, kaki dan wajah.

Sampai disini sudah bisa di pahami kan ? Baiklah kita lanjut ke jenis kerudung berikutnya.

2. Niqab

Sama seperti kerudung atau penutup kepala lainnya, Namun ada sedikit perbedaan antara Niqab, jilbab, khimar, chador dan burka. Niqab adalah jenis penutup kepala yang juga menutupi bagian wajah dengan hanya memperlihatkan bagian mata saja.

Niqab arab

Niqab pada umumnya menjuntai hingga bagian tengah punggung dan menutupi bagian tengah dada. Penutup kepala ini sering digunakan oleh wanita di Arab, namun beberapa wanita muslim di negara Barat juga seringkali menggunakannya. Termasuk saat ini di indonesia juga mulai menjadi trend fashion item muslimah.

Baca Juga :  Koleksi Foto Baju Lebaran 2018

Penggunaan Niqab oleh wanita adalah sebagai pelengkap kesungguhan niat untuk hijrah menjadi seorang yang taat akan syariat islam. Syariat untuk tidak mengumbar aurat, akan tetapi sebagian wanita yang juga menggunakan niqab masih sebatas untuk sebagai penutup wajah agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung dan juga debu ketika di perjalanan.

Apakah wajib bagi perempuan untuk menggunakan Niqab ?

Untuk masalah ini penulis belum bisa kasih penjelasan, jadi untuk konsultasi tentang wajib atau tidaknya penggunaan niqab bagi wanita muslimah, anda bisa tanyakan pada guru ngaji atau kyai di sekitar rumah anda.

3. Khimar

Apa itu khimar ? Khimar hampir sama dengan niqab, akan tetapi jika menggunakan khimar wajah si pemakai akan tetap terlihat. Khimar bisa di katakan juga sebagai jubah, yang menutupi bagian kepala hingga pinggang. Menutupi bagian dada dan tubuh bagian atas sehingga tidak terlihat lekukan atau tonjolan yang dapat membuat pandangan lawan jenis rusak.

Khimar Arab

Apakah wajib untuk perempuan menggunakan Khimar ? Jawabanya adalah silahkan tanyakan kepada guru ngaji atau pemuka agama di sekitar rumah anda.

4. Chador

Chador atau jika di indonesia di sebut sebagai cadar adalah jenis penutup kepala seperti jubah yang menutupi seluruh bagian tubuh. Penggunaan chador atau cadar di peruntukan bagi perempuan muslimah yang ingin bepergian keluar rumah. Hal ini di lakukan agar aurat si pemakai tidak dapat di pandang negatif oleh orang lain.

Chador atau Cadar

Pakaian ini umumnya dipakai di Iran, namun kini Banyak di indonesia para artis perempuan yang juga telah menggunakan cadar. Anda ingat Pegi Melati Sukma ? dia adalah salah satu perempuan yang juga artis yang telah hijrah dari hiruk pikuknya dunia keartisan. Cadar biasanya berwarna hitam dan siapapun yang memakainya harus memegang erat cadar di bagian depan tubuh mereka. Hal ini di lakukan karena cadar tidak memiliki pengikat atau tempat untuk ikat pinggang.

5. Burka

Apa itu Burka ? Burka adalah pakaian islami yang paling banyak menutupi bagian tubuh. Mulai dari seluruh wajah hingga telapak kaki. Berbeda dengan niqab, meski menutupi wajah namun bagian mata masih terlihat. Sedangkan burka akan menutupi seluruh Wajah wanita.

Burka Style Hijab

Mereka hanya melihat melalui jaring-jaring yang menutupi wajahnya tepat di bagian mata. Jaring ini membuat pemakainya dapat melihat, namun mata mereka tetap tertutupi dari orang lain yang melihatnya. Burka biasanya diasosiasikan dengan Afganistan, dimana kaum Taliban dipaksa untuk menggunakan Burka ketika berpergian.

Apakah anda juga tertarik untuk menggunakan Burka ? Jika niat hati sudah kuat tidak ada salahnya untuk di coba.

Sampai disini sudah bisa di pahami ya apa itu Hijab, Niqab, Khimar, Chador dan Burka ? Ini adalah pakaian wanita muslimah yang di sunahkan untuk di pakai. Akan tetapi tidak wajib, dan anda bisa menggunaka style muslimah dengan gaya pakaian anda sendiri yang di anggap nyaman untuk di pakai.

Semoga berkenan dan bermanfaat,

Last Modified : 2018-06-2


Dondom Merch