Jenis Jarum Mesin Jahit dan Jarum Jahit Tangan

Jarum Mesin jahit dan jarum jahit tangan adalah dua jenis jarum yang memiliki kegunaan yang sama namun beda cara penggunaannya. Dalam artikel kali ini kami akan bahas mengenai keduanya secara lengkap. Dari mulai jenis, merk dan ukuran jarum yang cocok di gunakan untuk menjahit kain sesuai dengan tingkat ketebalannya.

Sebagai seorang yang hobi menjahit, atau memang berprofesi sebagai penjahit tentu harus paham dengan peralatan untuk menjahit. Sebagai pengingat di bawah ini kami akan sebutkan beberapa peralatan jahit yang wajib di sediakan di ruang kerja anda.

  • Mesin jahit
  • Gunting
  • Meteran
  • Jarum Jahit
  • Benang
  • Pendedel
  • Rader
  • Kertas
  • Kapur
  • Penggaris
  • Spull benang
  • Mata nenek
  • Penjapit benang/pinset
  • Spidol
  • Minyak mesin

Di atas ini adalah peralatan wajib yang harus di sediakan di ruang jahit anda. Mungkin masih ada beberapa peralatan yang lain sesuai kebutuhan anda bisa juga di tambahkan.

Namun dalam artikel kali ini kami fokus membahas soal jarum jahit terlebih dahulu. Dan jika ada kesempatan lain kami juga akan bahas yang lainnya yang di sebutkan di atas.

Perbedaan Jarum Mesin Jahit dan Jarum Jahit Tangan
Jarum Jahit Tangan

Perbedaan Jarum Mesin Jahit dan Jarum Jahit Tangan

Meskipun keduanya adalah alat yang memiliki kegunaan yang sama namun untuk bentuk fisik dan cara penggunaannya, kedua jenis jarum ini memiliki perbedaan.

Jarum Mesin Jahit

Jarum Mesin jahit adalah jarum jahit yang khusus di gunakan untuk menjahit menggunakan bantuan mesin jahit. Ciri dari jarum Mesin jahit ini, lobang untuk memasukan benangnya terdapat di bagian ujung lancipnya.

Ukuran jarum Mesin jahit ada beberapa macam. Biasanya di tandai dengan sebuah kode berupa nomor pada setiap batang jarum dan pada kemasanya. Dan ini juga berlaku untuk jarum jahit tangan yang di jual di toko toko alat jahit.

Kode Jarum Mesin Jahit

Untuk mempermudah anda mengenali jenis dan kode jarum Mesin jahit, berikut kami sebutkan rinciannya.

Kode Jarum Mesin JahitJenis Mesin Jahit
HA x 1 (Singer), HA x 1 (Organ), HA x 1 (Orchid) dllJarum Satu (Manual atau Mesin Jahit Rumah Tangga/Klasik)
DB x 1 (Organ), DB x 1 (Orchid), DB x 1 (Butterfly) dllJarum Satu (Direct Drive/Mesin Jahit Industri/Jahit Lurus)
DC x 1 (Organ), DC x 1 (Orchid) dllJarum Dua (Obras Manual dan Industri)
UYx128GAS (Organ), UYx128GAS (Orchid) dllJarum Dua (Overdeck)
TV x 1 (Organ), TV x 1 (Orchid) dllJarum Dua (Rantai)
Kode jarum Mesin jahit

Ukuran Jarum Mesin Jahit

Selain memiliki kode khusus, jarum Mesin jahit juga terbagi dalam berbagai ukuran. Dan tentunya dapat di sesuaikan dengan tingkat ketebalan media kain. Di bawah ini juga kami sertakan beberapa Nomor atau ukuran jarum Mesin jahit beserta peruntukan nya.

Ukuran jarum Mesin jahit berikut ini berlaku untuk semua jenis mesin, baik mesin jahit manual/rumah tangga, mesin jahit industri (jarum 1 maupun jarum 2). Selengkapnya, anda bisa lihat penjelasan di bawah ini.

Ukuran Jarum Mesin Jahit Nomor 9/65

Ukuran jarum Mesin jahit ini akan sangat tepat digunakan untuk tipe delicate fabrics atau jenis kain dengan ketebalan yang tipis (menerawang) serta mempunyai karakteristik halus dan lembut, seperti sifon, lace/tile, maupun organdi.

Ukuran Jarum Mesin Jahit Nomor 10/70 & 11/75

Ukuran jarum Mesin jahit ini cocok gunakan pada jenis light-weight / very-fine fabrics atau kain yang tipis tapi tidak begitu menerawang seperti taffeta, sutra, velvet/beludru.

Ukuran Jarum Mesin Jahit Nomor 13/85 & 14/90

Ukuran jarum Mesin jahit satu ini merupakan ukuran yang biasanya sering digunakan. Sangat pas di gunakan pada tipe medium weight fabrics atau kain dengan ketebalan sedang yang umumnya dipakai. Seperti kain katun, linen, flannel dan kain stretch.

Ukuran Jarum Mesin jahitNomor 16/100

Ukuran ini biasa digunakan untuk menjahit kain dengan tipe medium-heavy fabrics atau kain yang agak tebal, seperti kain wool, bahan jas, soft-denim.

Ukuran Jarum Mesin Jahit Nomor 18/110 ke atas

Jarum Mesin jahit dengan ukuran ini cocok di pakai pada jenis heavy fabrics atau kain yang sangat tebal, seperti jeans/denim, kanvas, bahan korden, maupun kulit. Juga biasa digunakan untuk menjahit bahan dengan ketebalan sedang namun di jahit berlapis, seperti contohnya untuk membuat tas.

Untuk ukuran jarum jahit serta kegunaannya kemudian kode jarum Mesin jahit beserta jenis mesinnya kita sudah mengetahui. Selanjutnya kami akan bahas mengenai Jarum Jahit Tangan atau Jarum jahit yang digunakan untuk menjahit dengan menggunakan tangan.

Jarum Jahit Tangan

Jarum jahit tangan adalah alat jahit berupa jarum yang di khususkan untuk menjahit menggunakan tangan. Dan ciri dari jarum jahit tangan ini memiliki lubang untuk memasukan benang yang terletak pada pangkal jarum.

Jenis dari jarum jahit tangan ini banyak sekali, bukan hanya untuk menjahit pakaian saja. Namun juga bisa untuk menjahit media selain kain dengan ukuran serta ketebalan yang lebih dari umumnya.

Contohnya :

  • Jarum jahit tangan untuk menjahit karung/goni.
  • Jarum jahit tangan untuk menjahit terpal yang bolong.
  • Jarum jahit tangan untuk menjahit luka (alat kedokteran).
  • Jarum jahit tangan untuk menjahit kertas, dll.

Namun dalam artikel ini, kami akan fokus dan khusus membahas jarum jahit yang di peruntukan untuk menjahit pakaian atau kain.

Fungsi Jarum Jahit Tangan Pada Dunia Jahit Pakaian.

Dalam kegiatan jahit menjahit pakaian, selain membutuhkan mesin jahit, kita juga membutuhkan proses manual. Adapun proses manual tersebut biasanya dilakukan ketika proses finishing.

Seperti contohnya ketika proses pembersihan sisa sisa benang yang masih menempel di kain, proses memasang pernak pernik dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, jarum jahit tangan memiliki fungsi untuk membantu memasang bagian dari bentuk pakaian yang tidak bisa di lakukan oleh mesin jahit. Misalnya memasang Payet, aksesoris pernak pernik dll.

Sama seperti jarum Mesin jahit, jarum jahit tangan juga memiliki kode khusus serta ukuran dengan nomor yang beragam. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami buatkan daftar jenis jarum jahit tangan beserta merk-nya dan kegunaannya.

Jenis Jarum Jahit Tangan, Ukuran dan Merk-nya

Di bawah ini kami akan berikan beberapa jenis jarum jahit tangan, ukuran dan merk-nya. Namun jika anda juga berminat untuk mencari dan membeli jarum jahit tangan secara online. Daftar di bawah ini juga kami sertakan dengan link ke toko yang kami pilih dengan harga paling murah, terlaris, dengan ulasan bintang lima.

Jarum Jahit Tangan Merek Sharps

Jarum jahit tangan merek SHARP ROYAL CROWN telah kondang dari tahun 1960 di pasar INDONESIA sebagai jarum jahit tangan berkualitas. Jarum jahit tangan yang sangat tajam dan tidak gampang berkarat.

Karena Jarum Jahit Tangan ini dibuat dari material logam baja berkualitas tinggi. Jadi jelas berbeda dengan jarum jahit tangan yang dibuat dari material stainless steel.

Jarum jahit tangan merek SHARP ROYAL CROWN ini lazim dikenal sebagai jarum jahit tangan SHARPS. Jarum jahit tangan SHARPS ini memiliki ciri khas kepala jarum berwarna emas. Sehingga kerap disebut jarum jahit tangan kepala emas.

Dimana warna emasnya ini merupakan proses hardening. Sehingga warna emasnya tidak gampang luntur meskipun jarumnya kerap dipergunakan.

Perlu kamu pahami jika banyak saat ini beredar jarum jahit tangan merek SHARPS TIRUAN atau KW. Jadi untuk meyakinkan orisinalitas jarum jahit tangan merek Sharps. Di bawah ini adalah perbedaan umum jarum jahit tangan merek SHARPS yang asli dan yang TIRUAN atau KW.

Di lihat dari Kemasan Pack Kertasnya

Jarum jahit tangan sharps yang ASLI warna merah cabenya jelas. Sebaliknya yang PALSU terlihat bladus / lusuh.

Jarum jahit tangan merek Sharps ASLI, logo tulisan/printing tulisan tercetak rapih dan putih bersih. Sebaliknya yang PALSU kurang rapih dan kadang warnanya putih kumal.

Jarum Jahit Tangan Merek Sharps yang ASLI printing logo mahkota tercetak rapi dengan warna coklat emas. Sedangkan yang TIRUAN logo mahkotanya asal saja dan warnanya pun tidak betul-betul coklat.

SHARPS
Jarum jahit tangan merek SHARPS ini sangat tajam dan tidak gampang berkarat.

Harga yang tertera di atas sama persis dengan yang ada di tokonya. Jika anda berminat, bisa pilih harga yang termurah dari daftar pilihan toko di atas.

Jarum Jahit Tangan Merek Self – Threading

Jarum jahit tangan berikutnya adalah produk asal China yang juga merupakan produk terlaris.

Self – Threading
Jarum jahit tangan ini memiliki lekukan lubang untuk memudahkan alur masuk benang ke jarum

Untuk jenis jarum jahit tangan yang lainnya sebetulnya masih sangat banyak. Namun sebagai bentuk inspirasi. Kami hanya menampilkan beberapa jenis jarum yang bisa anda lihat juga via YouTube.

Demikianlah sedikit informasi mengenai perbedaan jarum jahit mesin dan Jarum Jahit Tangan. Semoga bermanfaat dan khusus artikel ini akan terus di update kedepannya.

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.