Cara Mudah Memasang Google AMP pada Blog WordPress

Dondom Artikel – Apakah kamu ingin memasang Google AMP pada Blog WordPress ? Accelerated mobile pages atau AMP seperti yang kita ketahui dapat membuat loading halaman Blog atau Website lebih cepat dan ringan. Jika Loading Web atau Blog bisa secepat kilat sudah bisa di pastikan trafik pun akan naik secara drastis. Nah di Artikel ini admin akan sedikit berbagi pengalaman tentang bagaimana caranya untuk mengintegrasikan Google AMP pada Blog atau Web WordPress.

Apa itu Google AMP ?

Accelerated Mobile Pages atau AMP merupakan sumber terbuka yang di dukung oleh banyak platform mobile seperti Google dan Twitter. Dengan menggunakan AMP pada sebuah Blog maka akan dapat mempercepat loading Halaman Blog yang di Tuju oleh pengunjung Blog kita. Karena ini merupakan proyek Open Source maka kode sumbernya tersedia di Github.

Ada banyak cara untuk bisa mengintgrasikan Blog dengan AMP page khususnya di Blog WordPress, yaitu dengan memanfaatkan plugin atau dengan cara manual. Tapi untuk demi menhemat waktu ada baiknya untuk menggunakan plugin yang sudah tersedia saja seperti yang Dondom juga gunakan.

 

Memasang Google AMP Pada Blog WordPress

Tahapan Tahapan untuk memasang Google AMP pada Blog WordPress

Pertama kali yang di butuhkan untuk bisa memasang Google AMP pada Blog WordPress adalah dengan masuk ke akun admin Blog WordPress kalian dulu. Kemudian setelah itu masuk kehalaman plugin dan ketikan di kotak pencarian dengan kata kunci AMP dan instal Plugin tersebut.

Setelah sukses melakukan Instalasi kemudian aktifkan plugin tersebut agar semmuanya bisa berjalan dengan baik. Jika kalian ingin melihat preview tampilan Blog yang sudah terintegrasi dengan Google AMP silahkan masuk ke Tampilan > AMP Maka kamu akan langsung di arahkan kehalaman penyesuaian untuk Google AMP Blog WordPress mu.

 

Memasang Google AMP Pada Blog WordPress

 

Kamu juga dapat mengubah latar belakang header dan warna teks di halaman ini. Header warna latar belakang yang kamu pilih nantinya juga akan digunakan sebagai link. seperti Blog Utama kita pada Plugin ini juga akan menggunakan Blog kita atau logo tentunya jika Template Blog yang kita pakai mendukungnya.

Terakhir jangan lupa untuk menyimpan apa yang telah kita atur tadi agar bisa di tampilkan jika ada yang mengunjungi Blog via Mobile Seluler. Bagaimana cara melihat atau mengunjungi halaman AMP yang sudah terintegrasi dengan Blog WordPress kita tadi ? Cukup tambahkan amp di akhir link Halaman Blog asli kita, contohnya “http://example.com/2016/10/my-blog-post/amp/”.

 

Memasang Google AMP Pada Blog WordPress

 

Tampilan akan lebih baik di layar Ponsel dengan cara Memasang Google AMP pada Blog WordPress

Jika kalian melihat sumber halaman ini dalam mode HTML maka kalian akan melihat baris berikut ini dalam file HTML Blog kalian “<link rel="amphtml" href="http://example.com/2016/10/my-blog-post/amp/" />.Baris ini berfungsi memberi tahu kepada mesin pencari bahwa halaman yang di cari juga tersedia dalam format AMP. Keren kan ? Loading Blog lebih cepat dan saat geser keatas kebawah juga tidak macet macet.

Tambahan penting ini buat kamu yang mengalami masalah halaman kesalahan yang berasal dari Google AMP. Umumnya masalah tersebut adalah kesalahan 404 dimana ketika kita mencoba mengakses halaman dengan link khusus AMP akan tetapi justru menemukan halaman 404 atau Halaman tidak di temukan.

Caranya cukup mudah kalian hanya tinggal masuk ke halaman pengaturan > Permalink untuk melakukan sesuatu. Cukup diam beberapa saat di halaman tersebut dalam beberapa detik kemudian klik Simpan Perubahan. Inget ! Jangan melakukan apa apa tapi hanya melakukan satu imbauan di atas yaitu klik simpan perubahan. Kenapa ? Karena hal ini akan secara otomatis dapat menyegarkan struktur permalink pad Blog kita.

Untuk sementara segini dulu lain kali di sambung lagi bagi bagi pengalaman menggunakan Google AMP pada WordPress. Karena masih banyak yang harus dilakukan agar tampilan Blog versi Mobile kita bisa lebih menarik dan cepat untuk di akses.

Last Modified : 2017-03-6

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *